Menyediakan segala kebutuhan material bangunan anda, hubungi marketing kami untuk barang tidak ada dalam daftar :)

Pemasangan Bata Ringan


7 Oktober 2019

Seperti halnya bata merah dan batako, konstruksi dinding menggunakan bata ringan juga membutuhkan perekat, plesteran, serta acian. Finishing tersebut akan membuat bata ringan lebih awet sehingga bangunan Anda tetap tampil prima dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memberikan hasil yang optimal serta penggunaan bahan yang efisien, maka diperlukan langkah-langkah pemasangan bata ringan secara tepat dan benar. Dengan langkah dan jumlah material yang tepat, Anda dapat membuat konstruksi dinding Anda lebih kuat, rapi, awet, serta tidak boros bahan.

Pemasangan Dinding Bata Ringan
Pertama, siapkan material berupa bata ringan, semen instan, serta air.

Kemudian, gunakan benang untuk menentukan arah kerataan dinding.

Buat pasta untuk perekat bata ringan dari campuran air dengan semen instan. Rasio campuran adalah 9,5 – 10,5 liter air untuk 40 kg semen instan. Gunakan air bersih agar daya rekat semen instan dapat maksimal.

Rendam bata ringan dalam air untuk mencegah pengerasan semen terlalu cepat. Bata ringan cukup direndam beberapa saat saja.

Siapkan perekat dengan ketebalan 3 mm pada tiang kolom serta 10-20 mm untuk bagian alas bata ringan. Pasang mulai dari sudut dinding. Gunakan palu untuk meratakan pemasangan dengan cara mengetok-ngetok bata ringan.

Gunakan perekat setebal 3 mm antar pasangan bata. Pastikan pasangan bata terpasang dengan rapi dan rata. Gunakan waterpass untuk memastikan kerataan pasangan bata.

Diamkan bata selama 24 jam agar mengering sempurna sebelum siap untuk diplester.

Plesteran Bata Ringan
Setelah menyelesaikan pemasangan bata ringan, berikutnya dinding bata ringan diberikan plester. Fungsi dari plester adalah untuk menutup pasangan bata tadi. Dengan diplester, dinding akan menjadi rata dan lebih kokoh.

Sebelum diplester, dinding bata ringan dibersihkan terlebih dahulu. Caranya bisa dengan disiram atau diperciki air secukupnya. Dengan dibasahi, plesteran juga akan terikat semakin kuat serta tidak cepat kering saat dipasang.

Plester dan Acian pada Dinding Bata Ringan

Selanjutnya, memasang papan pembatas bidang kerja pada tepi dinding. Lajur dipasang setiap ±1 meter dengan ketebalan sekitar 10mm (sesuai ketebalan plesteran).

Pasta untuk plesteran dibuat dengan campuran air dan semen instan dengan rasio 6 – 6,5 liter air untuk 40 kg semen. Ketebalan yang disarankan adalah 10 mm.

Apabila dinding terpapar matahari, gunakan pelindung atau terpal untuk melindungi dinding dari sinar matahari agar tidak mengering terlalu cepat.

Diamkan plesteran selama 2 – 3 minggu ketika penyusutan telah berhenti. Apabila pengacian dilakukan ketika plesteran masih basah, akan berpotensi menimbulkan retak rambut pada dinding akibat penyusutan pada material plesteran.

Acian Bata Ringan
Setelah diplester, dinding bata ringan perlu diberikan lapisan acian. Acian berfungsi untuk menutupi pori-pori pada dinding dan membuat dinding terlihat lebih halus. Acian juga melindungi dinding dari lembab karena terbukanya pori-pori pada dinding.

Pasta untuk acian dibuat dengan campuran semen instan dan air dengan rasio 13,5 – 14,5 liter air untuk 40 kg semen instan. Ketebalan yang disarankan adalah 1 mm – 3 mm. Namun, apabila Anda ingin membuat acian dengan ketebalan 3 mm, pengacian perlu dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dibuat acian dengan ketebalan sekitar 1 – 1,5 mm, kemudian dibiarkan mengering. Setelah itu, diberi lapisan acian lagi hingga mencapai ketebalan 3 mm.

Gunakan roskam untuk mengaplikasikan acian. Acian diaplikasikan dengan gerakan searah. Kemudian, acian dihaluskan dengan kuas basah dan digosok dengan kertas semen.

Demikian hal yang harus diperhatikan ketika mengaplikasikan plesteran dan acian pada dinding bata ringan. Teknik aplikasi serta campuran material yang benar akan membuat dinding Anda menjadi halus, rata, serta mulus. Bangunan Anda tentu akan menjadi lebih kokoh serta menawan.



Baca juga
  » 7 Januari 2020
Tren Warna Dulux 2020
Setiap tahun, banyak produsen cat yang mengeluarkan tren warna baru yang diperkenalkan sebagai "Colour of the Year".  Salah satu produsen yang melakukannya adalah Dulux, merek cat dinding dekoratif dari AkzoNobel. Bagaimanakah tren warna di tahun 2020 ini?

  » 31 Desember 2019
Cara pemasangan HPL pada dinding
HPL (High Pressure Laminated) selain diaplikasikan untuk produk furniture juga dapat diaplikasikan pada dinding ruangan untuk menggantikan peran cat dinding dan wallpaper dalam menghias ruangan. Produk yang dilapisi menggunakan HPL akan mempunyai penampilan yang nilainya lebih tinggi.

  » 14 Oktober 2019
Teknologi Tinting
Saat ini hampir disetiap toko/supermarket bahan bangunan pasti ada minimal satu pajangan mesin pembuat cat tembok yang berasal dari berbagai produsen cat terkenal. Namun pernahkah Anda tahu apa sebutan/nama dari mesin tersebut?...